Peranan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran, Literasi Informasi dan ruang baca di Sekolah Dasar Gembala Baik II

by | Sep 6, 2022 | Berita, Kegiatan, Sosialisasi | 0 comments

Oleh Markus Kapitan, A.Md.S.i

Perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap sekolah dan penggunanya. Perpustakaan sekolah harus dapat memainkan peran, khususnya dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Keberadaan perpustakaan dengan dunia pendidikan memeliki keterkaitan yang sangat erat. Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu faktor yang mempercepat proses transfernya ilmu pengetahuan. Sedangkan pendidikan, merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran.

Perpustakaan erat kaitannya dengan kegiatan literasi, budaya membaca maupun minat baca. Berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak, untuk terus mendorong, mengembangkan dan meningkatkan budaya literasi siswa. Berbagai upaya yang dilakukan sekolah untuk memotivasi siswa agar dapat menjadikan bacaan melalui perpustakaan sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan, dan sebagai sarana belajar.

Mengingat pentingnya peran perpustakaan di atas, serta mengingat kondisi mental siswa sekolah dasar yang wajib akan pengetahuan, maka pustakawan dan guru perlu melakukan langkah-langkah sosialisasi perpustakaan sekolah bagi para siswa dan para guru sekolah dasar dengan tujuan :

  • siswa dapat mengenal perpustakaan sedini mungkin sejak di bangku kelas satu,
  • siswa mengenal dan memahami prosedur dan tata tertib layanan perpustakaan,
  • siswa dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan untuk kepentingan belajarnya,
  • menjadikan perpustakaan sebagai sarana belajar dan rekreasi,
  • memotivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dalam upaya menambah dan memperdalam pengetahuannya, sehingga menumbuhkan tradisi belajar di perpustakaan yang terus berlanjut hingga di bangku sekolah lanjutan,
  • meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru serta keteladanannya dalam pemanfaataan dan pengelolaan perpustakaan.

Ruang baca di perpustakaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi siswa untuk menggunakan berbagai layanan yang diberikan pihak perpustakaan kepada para siswa selaku pengguna. Dengan adanya ruang baca dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya perpustakaan. Selain itu, pemanfaatan ruang baca perpustakaan juga sangat dirasakan oleh siswa dalam menambah wawasan mengenai informasi-informasi yang tidak didapat di dalam kelas. Adapun Kegiatan literasi di sekolah mempengaruhi keterampilan membaca siswa, dan meningkatkan minat baca siswa. Dari kegiatan literasi di sekolah siswa mendapat banyak informasi, dan memperluas pengetahuan siswa.

 

 

 

Jadwal Kunjungan Perpustakaan

Kelas 6

Archives

Kategori

Follow Us

Berita Terkait

HUT PGRI ke-77

HUT PGRI ke-77

Memperingati HGN ke 77, Guru-guru SD Gembala Baik II juga berpartisipasi aktif untuk mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh PGRI Kota Pontianak untuk mewakili kecamatan Pontianak tenggara yaitu: Pak Jimmi, Bu Ena dan Pak Paul. Adapun kegiatan yang diikuti seperti volly dan futsal. Dengan mengikuti kegiatan tersebut diharapkan dapat menjalin silahturahmi, mengembangkan sikap sportif dan saling menghormati antar peserta.

Persiapkan Diri, PAS Sebentar Lagi

Persiapkan Diri, PAS Sebentar Lagi

Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil Tahun Ajaran 2022/2023 sudah diambang mata. Berdasarkan jadwal yang telah ditandatangani oleh Kepala Sekolah tertanggal 19 November 2022, PAS SD Gembala Baik II akan dimulai dari tanggal 28 November 2022 sampai dengan 2 Desember 2022. PAS dilaksanakan selama 5 hari.

FLS2N 2022 : SD Gembala Baik II Menyabet Juara 1 Vocal Solo dan Juara 2 Seni Tari

FLS2N 2022 : SD Gembala Baik II Menyabet Juara 1 Vocal Solo dan Juara 2 Seni Tari

Steven, salah satu peserta didik SD Gembala Baik II tampil memukau dengan membawakan lagu yang berjudul Persahabatan. Dia merupakan juara 1 vocal solo tingkat kecamatan, kota, dan provinsi. Di tingkat nasional, Steven masuk dalam 20 besar lomba vocal solo FLS2N 2022. Pada ajang ini, seni tari juga turut andil menyumbangkan prestasi di tingkat kecamatan, dan kota. Tarian Nima’ ai’ yang digawangi oleh Thomas, Vederico dan Florensius mengantarkan mereka meraih juara 1 tingkat kecamatan dan juara 2 tingkat Kota Pontianak.