Peranan perpustakaan sebagai sarana pembelajaran, Literasi Informasi dan ruang baca di Sekolah Dasar Gembala Baik II
Oleh Markus Kapitan, A.Md.S.i
Perpustakaan sebagai lembaga penyedia ilmu pengetahuan dan informasi mempunyai peranan yang signifikan terhadap sekolah dan penggunanya. Perpustakaan sekolah harus dapat memainkan peran, khususnya dalam membantu siswa untuk mencapai tujuan pendidikan di sekolah. Keberadaan perpustakaan dengan dunia pendidikan memeliki keterkaitan yang sangat erat. Perpustakaan berfungsi sebagai salah satu faktor yang mempercepat proses transfernya ilmu pengetahuan. Sedangkan pendidikan, merupakan usaha agar manusia dapat mengembangkan potensi dirinya melalui proses pembelajaran.
Perpustakaan erat kaitannya dengan kegiatan literasi, budaya membaca maupun minat baca. Berbagai upaya dilakukan oleh berbagai pihak, untuk terus mendorong, mengembangkan dan meningkatkan budaya literasi siswa. Berbagai upaya yang dilakukan sekolah untuk memotivasi siswa agar dapat menjadikan bacaan melalui perpustakaan sebagai salah satu aspek penting dalam kehidupan, dan sebagai sarana belajar.
Mengingat pentingnya peran perpustakaan di atas, serta mengingat kondisi mental siswa sekolah dasar yang wajib akan pengetahuan, maka pustakawan dan guru perlu melakukan langkah-langkah sosialisasi perpustakaan sekolah bagi para siswa dan para guru sekolah dasar dengan tujuan :
- siswa dapat mengenal perpustakaan sedini mungkin sejak di bangku kelas satu,
- siswa mengenal dan memahami prosedur dan tata tertib layanan perpustakaan,
- siswa dapat memanfaatkan koleksi perpustakaan untuk kepentingan belajarnya,
- menjadikan perpustakaan sebagai sarana belajar dan rekreasi,
- memotivasi siswa untuk memanfaatkan perpustakaan dalam upaya menambah dan memperdalam pengetahuannya, sehingga menumbuhkan tradisi belajar di perpustakaan yang terus berlanjut hingga di bangku sekolah lanjutan,
- meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru serta keteladanannya dalam pemanfaataan dan pengelolaan perpustakaan.
Ruang baca di perpustakaan memiliki peranan penting dalam meningkatkan motivasi siswa untuk menggunakan berbagai layanan yang diberikan pihak perpustakaan kepada para siswa selaku pengguna. Dengan adanya ruang baca dapat meningkatkan pemahaman siswa mengenai pentingnya perpustakaan. Selain itu, pemanfaatan ruang baca perpustakaan juga sangat dirasakan oleh siswa dalam menambah wawasan mengenai informasi-informasi yang tidak didapat di dalam kelas. Adapun Kegiatan literasi di sekolah mempengaruhi keterampilan membaca siswa, dan meningkatkan minat baca siswa. Dari kegiatan literasi di sekolah siswa mendapat banyak informasi, dan memperluas pengetahuan siswa.
Jadwal Kunjungan Perpustakaan